JENIS JENIS SOFTWARE EMAIL CLIENT

Software email client yang dapat digunakan ada 3 :

  • Thunderbird
  • Evolution
  • Outlook Express

A. Thunderbird

Thunderbird_Email_Software_by_Mozilla_FoundationThunderbird merupakan salah satu email client terbaik yang mendukung POPIMAP dan Exchange, memiliki junk mail filteryang efektif, serta memiliki banyak fitur keamanan seperti perlindungan phishing dan penyaring spam yg baik, keistimewaan lain yang dimiliki Thunderbird selain download email yang lebih cepat, Thunderbird juga menawarkan berbagai cara untuk mengatur dan menampilkan folder email anda, anda juga dapat membuat folder RSS newsgroup serta memaksimalkan tampilan pane pesan Anda.

B. Evolution

Evolusi adalah salah satu solusi perangkat lunak yang diciptakan untuk membawa untuk pengguna Windows kekuatan Linux, karena aplikasi khusus ini dirancang untuk memberikan email kanan pada desktop untuk pengguna Linux.

Evolution_Email_Software_by_Novell_Inc.Karena sekarang porting dan Windows-kompatibel, siapa pun dapat mencoba dan melihat apakah itu benar-benar bisa melakukan semuanya klien email biasa bisa. Dari mendapatkan-pergi, mendirikan Evolusi tidak terlalu berbeda dari perangkat lunak sejenis lainnya.

Aplikasi ini dilengkapi dengan konfigurasi wizard tetapi beban hanya setelah Anda berhasil menginstal aplikasi. Untuk menggunakannya, cukup ikuti coupe langkah sederhana dan menuliskan informasi akun email Anda.

Sementara antarmuka yang sangat bersih dan mudah digunakan, seperti itu halnya dengan klien email yang paling kuat di pasar, Evolusi kehilangan banyak tanah ketika datang ke cara menggoda dengan sistem operasi.

Kami sudah mencoba pada Windows 7 mesin pengujian kami dan meskipun awalnya bekerja cukup lancar, kemudian jatuh setiap sekali dalam beberapa saat. Plus, Evolution menjadi tidak responsif kadang-kadang dan tidak ada pilihan lain selain membunuh proses dari ‘Task Manager’.

Jika Anda bisa melewati kesalahan dan sesekali hang, Anda dapat menikmati fitur manajemen email serta kalender yang kuat dan kemampuan manajemen informasi.

Meskipun dirancang untuk melayani sebagai pengganti Outlook, ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan sampai Evolution bahkan dapat datang dekat ke tingkat itu. Crash dan kesulitan dalam mendapatkan bersama dengan Windows membuatnya cocok untuk hanya untuk tes saat ini karena tidak sesuai untuk penggunaan produksi dulu.

C. Outlook Express

Outlook Express adalah sebuah klien email yang datang dengan tampilan klasik, difokuskan terutama pada tujuannya: memberikan email kepada pengguna kanan pada desktop mereka.

Sebagian besar fitur-fiturnya dapat dengan mudah diakses langsung dari jendela utama, sehingga membaca dan menulis pesan mail adalah pekerjaan yang mudah. Manajemen alamat juga di tangan dan fungsi sinkronisasi akan terbukti sangat berguna bagi siapa saja yang ingin menyimpan informasi email di sync.

Cara kerjanya tidak terlalu berbeda dari sisa lapangan dalam kategori mail client, tapi Outlook Express memiliki senjata rahasia juga: itu sepenuhnya terintegrasi dengan sistem operasi Windows, hal yang membuatnya bekerja lebih mudah, tanpa mengambil terlalu banyak dari sumber daya sistem Anda.

Konfigurasi account dan mendapatkan mail harus hitungan menit berkat kesederhanaan perangkat lunak. Outlook Express dapat menangani beberapa akun email dan newsgroup, sehingga Anda dapat menggunakan aplikasi ini bahkan dengan beberapa akun secara bersamaan.

Perangkat lunak ini mendukung POP dan IMAP protokol, yang merupakan keharusan hari ini, dan mengintegrasikan fitur yang paling populer hari ini, termasuk pesan aman, tanda tangan dan folder email untuk lebih mengatur Kotak Masuk Anda.

Dalam rangka untuk memeriksa dan mengkonfigurasi pengaturan menjalankan Outlook Express, Anda perlu mengakses Options”” daerah. Di sini Anda dapat menemukan keamanan, tanda tangan dan konfigurasi koneksi, serta mereka untuk membaca, menulis, mengirim dan mengelola penerimaan.

Secara keseluruhan, aplikasi bekerja dengan baik dan membutuhkan jumlah minimal sumber daya sistem. Selanjutnya, Outlook Express akan bekerja pada komputer lebih lambat juga, hal yang pasti tidak dapat dikatakan tentang beberapa program serupa yang lebih baru yang datang dikemas dengan banyak fitur yang tidak perlu.

Aplikasi Email Client

Kalau anda mencari software email client yang berfungsi untuk menerima serta mengirim email berbasis pop3 dan SMTP dengan kapasitas filenya berukuran mini anda bisa menggunakan email client bernama Avanti!. Yang pasti juga softwareemail client Avanti! ini lisensinya freeware alias gratis. Kapasitas file keseluruhannya dari Avanti! ini dibawah 1Mb dan Avanti! ini memiliki sifat portable yang artinya tanpa perlu di install ke harddisk anda maka anda bisa menjalankannya.
Jenis protokol mail yang dapat didukung oleh email client bernama Avanti! ini ialah POP3 dan SMTP. POP3 untuk mengambil email sedangkan SMTP untuk mengirim pesan email.
Avanti! juga dapat mendukung fasilitas multiple account yang artinya apabila anda memiliki banyak account email yang mendukung pop3, semua alamat email pop3 yang anda miliki dapat ditarik emailnya secara bersamaan. Tentunya juga Avanti! memiliki  fasilitas membaca email dalam format HTML ataupun plain text.
Fasilitas lainnya dari email client Avanti! ini terdapat fasilitas yang memungkinkan anda untuk dapat membaca header email saja apabila ada pesan email yang masuk ke server pop3. Dengan hanya membaca header email yang masuk anda bisa memilah milih pesan email yang akan anda download atau juga anda hapus langsung di server pop3nya
Kalau alamat email yang anda miliki harus menggunakan akses melalui OpenSSL, Avanti! juga dapat mensupportnya. Anda juga dapat mengatur kapan waktu untuk melakukan pengecekan email yang masuk ke dalam mailbox email anda. Untuk mengirim pesan email anda juga dapat membuat template sendiri, tampilan yang seperti apa yang akan anda inginkan.

Leave a comment